BELAJAR STATISTIK DENGAN MANGA STATISTIK

Semakin hari media pembelajaran semakin beragam. Tujuan utamanya tentunya adalah untuk menarik minat peserta didik untuk tertarik membaca dan dapat lebih memahami materi dengan lebih baik. Salah satunya adalah media pembelajaran dengan menggunakan komik.



Beberapa waktu yang lalu sempat menemukan Komik Akuntansi karangan Nicolaus Fransisko, yang sangat kreatif dan inspiratif dalam melukiskan siklus akuntansi melalui rangkaian gambar ilustrasi. Imajinasinya memudahkan peserta didik menyelami neraca lajur yang luas itu. Selama ini, banyak mahasiswa akuntansi “tenggelam” karena tidak paham. Sayangnya komik ini sekarang agak susah dicari di toko-toko buku.



[caption id="attachment_235" align="aligncenter" width="240"]Komik Akuntansi Komik Akuntansi[/caption]







Kemudian ada juga Komik Perpajakan, yang dapat diunduh langsung di web-nya Dirjen Pajak di pajak.go.id/content/komik-perpajakan-2011.



[caption id="attachment_236" align="aligncenter" width="300"]Komik Perpajakan Komik Perpajakan[/caption]



[caption id="attachment_237" align="alignright" width="180"]Manga Guide to Statistics Manga Guide to Statistics[/caption]



Nah…yang barusan nemu pas browsing kemarin adalah komik statistik. Sebenarnya komik ini sudah ada di Jepang pada tahun 2008 lalu. Pengarangnya adalah pengarang manga atau anime terkenal dari Jepang bernama Shin Takahashi.



Komik manga yang berjudul "Manga Guide to Statistics" ini menjadi hits di negara sakura tersebut, penjualan buku komik itu menjadi best seller karena selain menghibur, komik tersebut juga medidik siswa dan mahasiswa di Jepang untuk mempermudah belajar statistik, karena dalam buku komik tersebut   kita tidak hanya disuguhi cerita bergambar yang menarik, tetapi juga ada soal-soal latihan statistiknya juga yang telah dimodifikasi sedemikian rupa agar belajar statistika itu jadi menyenangkan.



Keren kan…… Semoga media pembelajaran semakin kreatif dan dapat memotivasi peserta didik untuk semakin semangat belajar :)



Oleh: Santirianingrum Soebandhi & Agus Sukoco



Sumber:



  • duniaakuntansi.com


  • pajak.go.id


  • statistikceria.blogspot.com




 



 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.