BCA Cari Lulusan SMA/SMK

Era perdagangan bebas ASEAN telah dimulai. Persaingan merekrut karyawan bagus makin sengit. Ini terjadi di seluruh sektor industri, tak terkecuali perbankan, yang paling seksi di industri keuangan. Pilihan kerja di bank masih berada di peringkat teratas di benak jutaan para pencari kerja di Indonesia.



“Tentu, kami sadar dengan jumlah karyawan yang besar, kami menjadi salah satu inceran sesama teman di industri perbankan. Kami memiliki economic skill yang cukup memadai. Kami cukup mampu meng-groom orang,” kata Direktur Kepatuhan BCA, Subur Tan.



Nah, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) punya strategi jitu untuk menjaga talenta-talenta terbaiknya. Mereka kontinu menggelar program Management Trainee untuk mencetak karyawan terbaik. Ada juga program tanggung jawab sosial, yaitu merekrut lulusan SMA/SMK terbaik di sekolah-sekolah.





Siswa SMA tengah berlatih baris-berbaris (Foto: kaskus)

Siswa SMA tengah berlatih baris-berbaris (Foto: kaskus)







Nantinya, anak-anak muda penuh potensi itu akan dididik setara jenjang S-1 di Program Pendidikan Akuntansi (PPA). Selanjutnya, mereka diberi kesempatan magang di seluruh jaringan BCA dan diberi honor. Hebatnya, tidak ada ikatan dinas. Setelah magang kelar, mereka bebas menentukan pilihan apakah mau lanjut atau mencoba peruntungan di bank lain. “Tapi, kenyataannya, sekitar 90% dari mereka memilih kembali bekerja dengan kami,” katanya.



Selain itu, perseroan juga menjaring lulusan SMA/SMK terbaik untuk menjalani progam setara yang bernama Program Pendidikan Teknologi Informasi (PPTI). Ini adalah program baru sehingga baru menghasilkan angkatan I. Lulusannya disiapkan untuk menggarap layanan digital banking. Layanan tersebut semakin dibutuhkan nasabah.



“Digital banking datangnya lebih cepat dari perkiraan. Nasabah kami pun sebagian sudah transisi usahanya ke bentuk digital. Kami sudah mulai menawarkan produk dan fitur yang lebih mengena kebutuhan nasabah kami,” katanya.



Dalam PPA, lulusan SMA/SMK dididik sebagai tenaga ahli dalam bidang akuntansi. Sejak digelar tahun 1996 hingga Agustus 2013, program ini telah menyelenggarakan 33 Angkatan dengan jumlah peserta 1226 orang dan telah menghasilkan 783 orang lulusan, dimana 770 orang diantaranya telah diterima untuk bekerja di BCA.



Sementara, PPTI, BCA mendidik lulusan SMA/SMK sebagai tenaga ahli dalam bidang teknologi informasi. Program ini pertama kali berjalan tahun 2013 dengan jumlah peserta sebanyak 29 orang (Angkatan I).



Sumber: http://swa.co.id/business-strategy/management/bca-cari-lulusan-smasmk

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.