Tenaga Akuntan Banyak Dibutuhkan

BANDAR LAMPUNG (lampost.co) -- Mendapat gaji relatif besar dengan tugas menantang, menjadi serba-serbi tenaga akuntan. Profesi yang bisa dibilang sangat menjanjikan itu dibutuhkan oleh hampir seluruh bisnis dan usaha.

Mengerjakan tugas terkait akuntansi, akuntan bekerja meliputi pemeriksaan laporan hingga analisis keuangan. Impian banyak orang menjadi akuntan turut mendorong akuntansi jadi salah satu jurusan favorit di pendidikan tinggi, baik negeri maupun swasta. Persaingan masuk ke jurusan tersebut pun menjadi sangat ketat.

Hal tersebut diakui Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung (FEB Unila) Satria Bangsawan. Menurut dia, jumlah mahasiswa Akuntansi selalu tinggi. Hal itu disinyalir karena sebagian besar mahasiswa ingin menjadi akuntan.

Prospek karier yang makin gemilang bisa didulang melalui lapangan pekerjaan yang tersedia, baik di dalam maupun luar negeri. Apalagi, jika yang bersangkutan sudah mengantongi sertifikat keahlian pajak Cash Toward Accrual (CTA) yang diakui internasional.

"Mereka bisa bekerja sebagai internal audit, akuntan perusahaan, akuntan pajak, pegawai negeri, hingga pengusaha sukses," kata Satria, baru-baru ini.

Berdasar data statistik pada 2013, terdapat 47.311 perusahaan berbagai sektor. Jumlah ini terus bertambah sehingga memperbesar peluang kerja akuntan perusahaan.

Satria menjelaskan akuntan juga bisa bekerja sebagai internal audit yang bertugas mengaudit internal perusahaan untuk kepentingan manajemen. "Auditor wajib memastikan manajemen melakukan tugas dan fungsinya secara tepat," kata dia.

Ada pula peluang sebagai akuntan pajak yang bertugas menghitung nilai pajak perusahaan. Bukan hanya menghitung, melainkan menganalisis dan memberi saran kepada manajemen agar pajak perusahaan dapat ditekan. "Bagi yang berminat, silakan mendalami ilmu manajemen pajak dan ikut kursus sertifikasi brevet."

Selain di sektor swasta, akuntan juga bisa bekerja di pemerintahan. Lowongan CPNS kerap membuka formasi bagi sarjana Akuntansi. Hal itu karena semua instansi pemerintah membutuhkan akuntan untuk menangani keuangan. Formasi terbanyak untuk sarjana Akuntansi yakni di Kementerian Keuangan dan Dirjen Pajak.

Bagi akuntan yang ingin mengembangkan diri secara optimal, dapat menjadi entrepreneur. Guna memastikan kualitas lulusannya, FEB Unila sebagai pendidik sarjana Akuntansi, mengantongi akreditasi nasional dan internasional.

"Materi yang diterima mahasiswa sesuai standar internasional," kata Satria.

Calon akuntan bisa memperoleh CTA di Unila sebagai satu-satunya test center di Sumatera.



Sumber : http://www.lampost.co/berita-tenaga-akuntan-banyak-dibutuhkan

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.